Sabtu, 10 April 2010

TUGAS DASAR JARINGAN KOMPUTER

1. Perangkat – Perangkat Jaringan

A. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card (NIC) yaitu suatu perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara computer. Fungsi daripada NIC yaitu sebagai jembatan dari computer kesebuah jaringan computer.


B. Switch

Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan atau penghubung segmentasi banyak jaringan. Switch berfungsi untuk menggabungkan beberapa computer menjadi sebuah kelompok jaringan.


C. HUB

Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu computer dan mentransmisikannya ke computer yang lain.


D. Bridges

Bridges adalah sebuah perangkat membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan. Bridges juga dapat digunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.

E. Router

Router adalah relaying device yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih network, baik secara local ataupun melalui WAN.


F. Modem

Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet.


G. Acces Point

Acces Point adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan perangkat unutk terhubung kejaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth dan standar yang terkait. Fungsi access point adalah sebagai hub/switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan local dengan jaringan wireless / nirkabel para client.


H. Konektor RJ45

Konektor Rj 45 adalah konektor standar untuk kabel UTP / STP, jumlah terminalnya ada 8 berbentuk kotak dengan suatu tuas untuk mengunci dan membuka agar konektor tidak mudah terlepas. Rumahnya terbuat dari semacam bahan acrylic bening. Konektor Rj 45 berfungsi sebagai penyambung atau penghubung antara kabel UTP ke Tranceiver ( NIC).


I. Kabel UTP dan STP

Kabel UTP dan STP adalah kabel yang digunakan untuk LAN dan system telephone. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung keperangkat melalui konektor 8 modular pin yang disebut Rj 45. semua protocol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Sedangkan kabel STP yaitu jenis kabel telephone yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan tiap pasangan kabel. Kabel STP juga digunakan untuk jaringan data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya juga dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interefensi EMI.

2. Macam – macam topologi


· Topologi Bus

Pada topologi ini computer server dan client dihubungkan secara berantai melalui kabel tunggal. Topologi ini mudah dikembangkan dan sederhana namun bila salah satu client mati maka yang lain akan terpengaruh.


· Topologi Star

Topologi Star adalah topologi yang paling banyak digunakan. Dalam topologi ini setiap computer / client dihubungkan secara langsung melalui media perantara berupa hub / switch. Dalam topologi ini sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali dari semua komunikasi yang terjadi pada topologi jaringan ini. Terminal – terminal lain terhubung dan pengiriman paket data atau informasi dari terminal satu ke terminal lainnya adalah melalui pusat dimana terminal pusat akan menyediakan jalur khusus untuk dua terminal yang berkomunikasi, dengan kata lain semua aktivitas diatur atau dikontrol secara terpusat.


· Topologi Ring

Topologi ini mirip dengan topologi bus, bedanya topologi ring ujungnya saling berhubungan seolah membentuk lingkaran cincin. Pada topologi ini data mengalir searah, artinya seluruh computer dalam jaringan akan ikut ambil bagian dalam mengelola informasi yang lewat sehingga bila salah satu rusak maka akan berpengaruh terhadap keseluruhan jaringan.


· Topologi Extended Star

Topologi extended star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star.


· Topologi Hirarchical

Topologi ini biasa disebut sebagai topologi tree. Dibangun seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access.


· Topologi Mesh

Topologi Mesh dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Sebuah fully-connected mesh adalah sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan computer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Topologi mesh memiliki tingkat redundancy yang tinggi, sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.


3. IP adalah salah satu jenis protocol (aturan) yang memungkinkan kumpulan computer dapat berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu jaringan. IP merupakan protocol yang paling penting dalam suatu jaringan. IP memberikan fungsi pengalamatan dan fungsi routing pada jaringan dalam pengiriman data. IP juga bias dikatakan sebagai sekumpulan bilangan biner 32 bit yang terdiri dari 4 bagian dimana setiap bagiannya terdiri atas 8 bit (octat) dan dipisahkan dengan anda titik.

IP terbagi menjdai 5 kelas yaitu:

- kelas A : 1.0.0.0 s/d 126.255.255.255

- kelas B : 128.0.0.0 s/d 191.255.255.255

- kelas C : 192.0.0.0 s/d 223.255.255.255

- kelas D : 224.0.0.0 s/d 239.255.255.255

- kelas E : 240.0.0.0 s/d 254.255.255.255



4. LAN (Local Area Network) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.


MAN (Metropolitan Area Network) adalah network dalam skala suatu kota Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.


WAN (Wide Area Network) adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.


5. Classless Inter-Domain Routing (CIDR) adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Disebut juga sebagai supernetting. CIDR merupakan mekanisme routing yang lebih efisien dibandingkan dengan cara yang asli, yakni dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C. Masalah yang terjadi pada sistem yang lama adalah bahwa sistem tersebut meninggalkan banyak sekali alamat IP yang tidak digunakan. Sebagai contoh, alamat IP kelas A secara teoritis mendukung hingga 16 juta host komputer yang dapat terhubung, sebuah jumlah yang sangat besar. Dalam kenyataannya, para pengguna alamat IP kelas A ini jarang yang memiliki jumlah host sebanyak itu, sehingga menyisakan banyak sekali ruangan kosong di dalam ruang alamat IP yang telah disediakan. CIDR dikembangkan sebagai sebuah cara untuk menggunakan alamat-alamat IP yang tidak terpakai tersebut untuk digunakan di mana saja. Dengan cara yang sama, kelas C yang secara teoritis hanya mendukung 254 alamat tiap jaringan, dapat menggunakan hingga 32766 alamat IP, yang seharusnya hanya tersedia untuk alamat IP kelas B.



6. Topologi Star

Topologi Star adalah salah satu topologi jaringan komputer yang paling banyak digunakan. karena jenis topologi ini sangat mudah perawatannya. kelebihan dari topologi star yaitu apabila 1 komputer ada yang mati atau bermasalah yang lain tetap bisa berjalan seperti biasa. Maksud dari Topologi itu adalah untuk menambah,mengurangi, ataukerusakan jaringan yang ada.selain itu permasalahan panjang kabel yang harus sesuai (matching) juga tidak menjadi suatu yang penting lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar